Virus Symbian60 [s60] pd NOKIA
04.35 | Author: Samuel
Artikel oleh : samuel basta reski karo-karo



HP yang menggunakan bahasa pemrograman seperti symbian terutama S60 atau yang biasa dikenal dengan symbian60 adalah type HP yang rentan akan virus. Terutama virus yang executable (*.exe) atau ber-ekstensien exe. Karena itu banyak para pengguna HP symbian yang biasa digunakan di HP NOKIA itu kecewa karna harus kehilangan file-file mereka seperti halnya foto-foto kenangan dan video-video kesayangan mereka harus terhapus karna terinfeksi virus.

Darimana virus-virus itu datang? Pertanyaan semacam itu kerap muncul ketika tahu HP mereka terserang virus sehingga harus diformat, atau bahkan HP tersebut harus di install ulang. HP yang biasa menggunakan bahasa pemrograman symbian adalah type HP seperti NOKIA 6600, NGAGE, Nokia 7610, 3230 atau sejenisnya.

Dengan munculnya berbagai virus tersebut, maka diikuti pula dengan munculnya berbagai macam antivirusnya. Dan meskipun pihak NOKIA sendiri sudah menyediakan berbagai jenis antivirus yang bisa di download secara gratis di salah satu situs seperti www.getjar.com atau dapat didownload langsung dari HP yang memiliki fitur internet browser di wap.getjar.com. Namun antisipasi tersebut tidak cukup ampuh untuk melindungi HP kesayangan anda dari virus-virus tersebut. Karna selain harus download dan install, ternyata adanya antivirus tersebut malah semakin memperlambat kinerja dari HP anda. Karna sama halnya dengan PC (Komputer) yang anda pasangi antivirus, akan berjalan lebih lambat karna akan scanning terus.

Begitu juga halnya dengan HP, akan terus scanning bahkan saat ada sms masuk. Dan tentu saja kadang terasa menjengkelkan jika disaat-saat genting atau buru-buru kita dihadapkan dengan situasi seperti itu. Dan selain lola(Loading Lambat), ternyata antivirus tersebut masih harus terus di update seperti halnya antivirus PC lainnya. Dan bahkan yang jadi masalahnya lagi adalah, belum tentu juga antivirus yang anda install itu dapat mengenali dan menghapus virus dengan sempurna. Dan bahkan ada kalanya justru aplikasi itu sendiri terinfeksi oleh virus.

Untuk itu, satu-satunya jalan yang ampuh adalah menjadi “Seorang Antivirus” dengan cara mengenali bentuk, mencari tahu ciri-ciri, dan menghapus sendiri virus tersebut secara manual. Hal ini terbukti ampuh karna sudah saya buktikan sendiri di HP saya yang bertype NOKIA 6600. Dan penghapusan ini berhasil mungkin dikarenakan oleh system restore di HP tidak secepat pada PC. Karna jika kita menghapus virus manual di PC, dalam waktu sekian detik virus tersebut akan kembali ketempat semula (restore). Dan juga dimungkinkan pada HP tidak adanya istilah penghapusan sementara (recycle bin) seperti di komputer. Jadi file yang sudah dihapus tidak bisa dikembalikan lagi (hapus permanen).

Adapun langkah penghapusan manual itu sendiri adalah dengan beberapa langkah. Yaitu dengan mengenali terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri dari virus yang terdapat pada HP symbian itu.

Ciri-ciri file yang dapat dicurigai sebagai virus adalah:
  • Berekstensien exe (*.exe) atau di istilah komputer disebut executable atau file mandiri yang dapat berdiri dan bekerja sendiri secara otomatis. Hal ini dapat dibuktikan karna symbian tidak dibuat dengan system operasi windows. Jadi semua program yang ada di HP symbian tidak ada yang berbau executable.
  • Biasanya terdapat disetiap folder dan namanya mengikuti nama dari folder tersebut. Hal ini dapat anda lihat secara langsung di media explorer di HP anda seperti Fileman, FE eksplorer, SeleQ, dsb.
  • Selain mengikuti nama foldernnya, biasanya muatannya juga sama. Jika misalnya salah satu file yang dicurigai sebagai virus di folder lain bermuatan 257KB, maka file dengan nama yang berbeda difolder yang berbeda akan bermuatan 257KB juga. Dan hal ini akan menghabiskan free space atau memory tersisa di memory HP anda. Dan jika memory sudah penuh tetapi masih ada folder yang belum berisi virus, maka virus ini akan tetap menduplikasi dengan ciri-ciri sama tapi dengan muatan 1KB atau bahkan 0KB.
  • Hal lain juga terdapat pada icon (gambar) dari file tersebut. Biasanya file virus akan bergambar kertas kosong padahal seharusnya itu adalah file gambar atau video, atau yang lainnya.
  • HP yang paling sering terserang adalah HP yang menggunakan kartu memory seperti MMC MicroSD atau MiniSD. Dan bila lebih parah, virus bukan hanya menyerang kartu memory tetapi juga memory internal HP anda atau drive C: di HP anda bahkan sampai terserang ke systemnya.
  • Biasanya menular dari hubungan langsung maupun tidak langsung dengan komputer. Misalnya saat anda mengcopy data dari komputer melalui kabel data (card reader) atau melalui transfer data dari Bluetooth atau bahkan infrared dari HP lain yang sudah terlebih dahulu terinfeksi virus.
  • Selain berekstensien exe (*.exe) terkadang virus yang umumnya ada di komputer seperti Desktop.ini atau thumbs.db atau autorun.inf. Meskipun file seperti ini jarang mengganggu, tetapi tetap tidak bisa diremehkan.
  • Selain itu, ada beberapa file yang benar-benar berbahaya. Biasanya sulit bahkan tidak bisa dihapus. File ini berekstensien sys (system). Biasanya file *.sys adalah file installer di HP NOKIA s60. Misalnya untuk menginstall theme hasil download dari internet, atau menginstall program dari hasil download di internet. Dan sulitnya file ini berlaku di symbian sehingga tidak bisa dihapus begitu saja. Dan bila dihapus paksa maka bukan tidak mungkin virus ini akan menyerang balik yang mengakibatkan system rusak. Sering restart, sering macet, dan bahkan mati total. Dan jalan satu-satunya adalah install ulang ke counter HP terdekat. Karna jika dihapus dari komputer dengan menyambungkan dari card reader pun akan mengakibatkan MEMORY RUSAK. Dan satu-satunya jalan adalah memformat kartu memory anda(isi memory hilang), dan menginstall ulang program HP anda. Karna biasanya virus yang satu ini tidak hanya terdapat di drive E: (kartu memory), melainkan juga menduplikasi di drive C: (memory internal ponsel). Memang tidak banyak tetapi memiliki anak dan dengan nama file yang aneh dan berlambang (icon) seperti file installer lainnya di HP anda.
  • Untuk beberapa file yang tertera diatas mungkin ada yang tidak dapat dihapus. Hal ini dikarenakan file tersebut [read only] sehingga tidak bisa dimodifikasi termasuk dihapus. Tapi ada trik khusus yang bisa saya bagikan kepada anda. Yaitu dengan menggunakan aplikasi explorer seperti SeleQ atau FEexplorer.
Caranya:
Masuk ke SeleQ masuk ke direktori (folder) file tersebut terdapat dan pilih menu [set attr] *= maksudnya atur atribut*. Kemudian pada [archive] ubah jadi off, [read only] ubah jadi off dan pastikan semuanya dalam keadaan off. Setelah itu, hapus file tersebut secara manual. Dipastikan file tersebut akan terhapus permanen dan tidak akan kembali lagi.

NB:
  1. Mungkin untuk beberapa kemungkinan ada folder tertentu yang patut kita curigai sebagai virus. Sejauh ini saya telah menemukan yang terbaru yaitu folder dengan nama [RECYCLER] yang dimana folder beserta seluruh isinya [read only]. Namun tetap bisa dihapus dengan cara di atas. Dan biasanya folder ini muncul dengan sendirinya setelah kartu memory dihubungkan dengan komputer. Tetapi perlu diketahui bahwa isi folder ini perlu dihapus beserta folder-foldernya untuk menghindari kemungkinan buruk dibelakang hari.
  2. Untuk file yang sys (system) biasanya beratribut [read only] namun tetap tidak bisa dihapus. Malah bisa mengganas dan saya adalah salah satu korbannya untuk kedua kalinya. Pertama kali terinfeksi saya hapus paksa, tapi malah berakibat MATI TOTAL. Dan untuk kedua kalinya, saya bisa sedikit tangani, tetapi tetap saja kartu memory saya harus diformat, dan file saya hilang semua beserta aplikasi-aplikasi seperti themes, games, aplikasi browser, antivirus, dll harus saya relakan hilang. Dan sampai saat ini kinerja HP saya selalu terganggu dan lambat. Hal ini dikarenakan HP saya belum cukup bersih dan belum saya install ulang dengan program NOKIA yang default kembali dari counter.
  3. Bila suatu saat Bluetooth anda dalam keadaan hidup dan tiba-tiba saja ada penawaran pesan dari perangkat Bluetooth lain dengan nama yang tidak anda kenal masuk, maka sebaiknya anda reject(tolak). Tapi jika terus-terusan dan tidak bisa berhenti, maka anda bisa terima (tapi jangan langsung dibuka) dan segera matikan sambungan Bluetooth anda dan buka pesan masuk anda tapi jangan buka isi pesan aneh yang anda terima tadi dari hasil transfer Bluetooth. Karna jika dibuka, maka virus akan aktif. Dan biasanya virus ini beriming-iming video porno dengan judul-judul yang aneh seperti sex.rm atau adult.rm atau entah apapun namanya. Begitu anda menemukan pesan Bluetooth itu, maka segeralah dihapus. Trust me, it’s works!

Pesan penulis: semoga artikel ini berguna dan dapat sedikit banyaknya membantu anda para pembaca. Dan untuk informasi lebih lanjut atau ingin sedikit bersharing dengan saya, atau ingin sedikit berbagi ilmu dan masukan dengan saya silakan mail saya di rizkysamm@yahoo.com.
This entry was posted on 04.35 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: